DAERAH

Wujud Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak, Pelatihan SRA Resmi Dibuka

2
×

Wujud Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak, Pelatihan SRA Resmi Dibuka

Share this article

DPNTimes.com, Nunukan – Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid melalui Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kabupaten Nunukan Faridah Aryani membuka secara resmi pelatihan Sekolah Ramah Anak (SRA) Tingkat TK/KB/PAUD, SD, SMP dan SMA yang digelar di Aula Diknas Lantai 2, Selasa (05/09).

Tujuan sekolah ramah anak merupakan wujud pemenuhan hak anak dan perlindungan anak selama 8 jam di sekolah. SRA dan KLA bukan hanya sebagai status, namun harus terwujud dalam pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Nunukan.

Dalam smabutannya, Bupati Laura melalui Kadis DSP3A Faridah mengatakan bahwa semua anak mendapatkan hak yang sama dan berhak diperlakukan adil di sekolah tanpa memandang suku, ras, agama, pintar atau kurang pintar, kaya ataupun miskin.

Baca Juga  Pemandangan Langka, Keakraban Satgas TMMD ke-112 dan Masyarakat Saat Istirahat

Melalui pelatihan sekolah ramah anak ini, nantinya para guru dapat meningkatkan kemampuan dalam upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama anak berada di sekolah. Dengan tenaga yang berkualitas, niscaya dapat mencegah terjadinya hal-hal yang membahayakan bagi anak selama di sekolah.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sekolah ramah anak harus bisa menjamin dan memenuhi hak anak untuk dihargai dan dilindungi dari kekerasan. Hal yang berkaitan dengan anak memiliki nilai universal kemanusiaan. Sekolah ramah anak harus berprinsip kepada yang terbaik bagi anak, yaitu hak hidup, non diskriminasi dan penghargaan terhadap pandangan anak.

Baca Juga  Bupati Laura Dukung Langkah Kemendagri untuk Pendampingan Pemerintah Daerah

“Saya berharap dengan diadakan pelatihan SRA, anak-anak mampu merubah perilakunya ke arah yang lebih baik. Anak-anak juga diharapkan bisa meninggalkan kebiasaan yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, sekolah, maupun masyarakat banyak,” ungkap Faridah.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Nunukan, Bupati Laura menyambut baik sekaligus apresiasi yang tinggi kepada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Nunukan yang telah menyelenggarakan Pelatihan SRA.(Prokompim)

Baca Juga
Baca Juga  Boxing Day, Pertandingan Tinju Amatir Digelar di Kabupaten Nunukan

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights