DAERAH

Festival Ramadhan 1445 H, Laura : Isi Ramadhan dengan Kegiatan Keagamaan

240
×

Festival Ramadhan 1445 H, Laura : Isi Ramadhan dengan Kegiatan Keagamaan

Share this article

DPNTimes.com, Nunukan – Menyemarakkan bulan Ramadhan 1445 H / 2024 M, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Nunukan bersama dengan Irma Mesjid Miftahul Khair, mengadakan Festival Ramadhan, yang di dukung oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Nunukan, serta KNPI Nunukan.

Festival yang digelar di Paras Perbatasan tersebut dibuka langsung secara resmi oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid Sabtu (23/03) malam.

Acara Festival Ramadhan tersebut berlangsung selama 7 hari berturut-turut dari Tanggal 23-29 Maret 2024. Kegiatan ini dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan dengan bertujuan untuk memeriahkan Bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang dapat menambah kualitas iman kita.

Adapun yang hadir dalam acara Festival Ramadhan ini, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltara H. Andi M. Akbar, Kepala Disbudporapar Kab. Nunukan, Camat Nunukan Selatan, Kemenag Kab. Nunukan, MUI Kab. Nunukan, BAZNAS Nunukan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta peserta yg hadir.

Baca Juga  Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu Tahun 2024

Bupati Nunukan dalam sambutannya menyampaikan atas nama pemerintah daerah kabupaten Nunukan menyambut baik dan apresiasi setinggi tingginya kepada Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata bersama Irma Masjid Miftahul Khair yang telah menyelenggarakan event mingguan berupa Festival Ramadhan yang diselenggarakan di Paras Perbatasan ini.

Kegiatan festival ini menjadi bagian dari sukacita dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Melalui acara ini, semoga menjadi ajang silaturahmi sekaligus memperkokoh nilai-nilai keislaman dan ikatan silaturahmi sesama masyarakat di Kabupaten Nunukan,”Ungkapnya.

Bupati Laura juga menjelaskan, bahwa saat ini tingkat keimanan sudah terdegradasi oleh perkembangan teknologi, kecintaan dan keinginan remaja untuk memakmurkan masjid sudah mulai berkurang. Remaja lebih cenderung menghabiskan waktu untuk memegang HP daripada memegang Alquran.

Dengan adanya event Festival Ramadan ini, generasi muda diharapkamkita dapat mengintropeksi diri dan memperbaiki mental keimanan serta ketakwaan kepada Allah SWT sebagai benteng diri dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ke depan.

Baca Juga  Tugu Rupiah Berdaulat, Misi Negara Pastikan Rupiah Tersedia di Seluruh Wilayah NKRI

Oleh karenanya, Bupati mengajak untuk mengisi Ramadhan ini dengan memperbanyak beramal sholeh, sebagai wujud kepatuhan kita kepada Allah SWT serta senantiasa berlomba-lomba melakukan amal kebaikan sebagai kewajiban untuk menjalankan fungsi ke khalifahan kita, dengan penuh ketaatan, mengendalikan diri dari segala nafsu, memupuk kebersamaan, kepedulian sosial dan berempati merasakan penderitaan serta mengulurkan tangan untuk membantu sesama.

“Saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menguatkan komitmen dan kebersamaan di antara kita, bahwa Kabupaten Nunukan adalah milik kebanggaan, dan tanggung jawab kita bersama,”Ujar Bupati laura.

Dengan diadakannya acara festival ramadhan ini ada berbagai macam kegiatan lomba keagamaan seperti lomba dalam kategori SD, Lomba Doa Harian, Hapalan Surah Pendek, Ceramah, Adzan, Busana Muslim dan Muslimah, dan Tilawah. Sementara itu, dalam kategori SMP, Lomba Tilawah, Ceramah, Adzan, dan Lomba Busana Muslim dan Muslimah. Untuk kategori SMA, Lomba Busana Muslim dan Muslimah.

Dalam kesempatan itu, H. Andi M. Akbar, yang merupakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltara memberikan dana tambahan sebagai uang pembinaan, serta BAZNAS Nunukan memberikan dana bantuan untuk kegiatan festival ramadhan ini. (prokompimnnk)

Baca Juga  DPRD dan Pemkab Nunukan Setujui APBD Kabupaten Nunukan Tahun Anggaran 2024
Baca Juga

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights