DAERAH

MTQ KE–XVIII Tingkat Kecamatan Nunukan Resmi Dibuka

2
×

MTQ KE–XVIII Tingkat Kecamatan Nunukan Resmi Dibuka

Share this article

DPNTimes, Nunukan – Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Nunukan yang mengusung Tema “Melalui MTO Tingkat Kecamatan Nunukan Ke-XVIII, Bergerak Bersama Membangun Karakter Insan Qur’ani,” di pusatkan di halaman Kantor Kelurahan Nunukan Timur pada Jum’at malam (17/02).

Kendati sempat diguyur hujan, namun perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-18 tingkat Kecamatan Nunukan berlangsung sukses dan meriah.
Ditambah lagi, penataan panggung yang mengusung konsep miniatur Masjid yang terlihat megah dan membuat tamu undangan dan masyarakat berdecak kagum dengan pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Nunukan tersebut.
Tidak cukup sampai disitu saja, ketika Kabag Kesra H. Tuwo yang mewakili Bupati Nunukan didampingi Camat Nunukan Hasan Basri memukul Gong tanda dimulainya MTQ diiringi pula kembang api serta bunyi Sirene lalu tirai terbuka yang membuat semua tamu yang hadir terpukau melihatnya.
Seremonial Pembukaan acara ini dimulai dengan persembahan Tari Padduppa oleh Siswa SMAN 1 Nunukan dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustadz Harto M Tonata.
Dalam pembukaan perhelatan MTQ tersebut dilangsungkan Pengukuhan Dewan Hakim dan Majelis Hakim serta penyerahan Piala Bergilir dari Kelurahan Nunukan Barat kepada Ketua LPTQ Kecamatan Nunukan (Camat Nunukan) untuk diperebutkan Tiga hari ke depan terhitung mulai sejak tanggal 17 hingga 19 Februari 2023.
Bupati Laura, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kabag Kesra H.Tuwo mengucapkan selamat melaksanakan MTQ, dna berharap dari MTQ kali ini akan muncul bibit–bibit baru, para Hafid–Hafidah, Qori–Qoriah, para Mufasirin yang mampu berkiprah di tingkat yang lebih tinggi.
H.Tuwo yang menyampaikan sambutan Bupati mengatakan bahwa tujuan MTQ sejatinya bukan untuk memenangkan sebuah perlombaan, namun Bupati berharap agar seluruh peserta MTQ benar- benar menunjukkan kemampuan dan penampilan terbaiknya dan bisa menjadi duta-duta Al-Quran di tengah–tengah masyarakat dan dapat menunjukkan keindahan, keagungan dan kebesaran Al-Qur’an melalui lantunan–lantunan yang merdu dan menyentuh hati.
Pada Kesempatan yang sama pula, Camat Nunukan Hasan Basri menyampaikan bahwa Al Qur’an adalah SOP atau petunjuk bagi umat islam yang harus dijaga. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Hijr ayat 9 yang berarti “Kami telah menurunkan Al-Quran dan kamilah yang senantiasa menjaganya”.
Lebih lanjut Hasan Basri menyampaikan bahwa Alquran adalah maha karya yang wajib dijaga. “Tentu ini adalah kebanggaan bagi Umat Islam karena jika dibandingkan antara menghafal Al-Qur’an dengan menghafal buku yang tebal, anak-anak kita lebih bisa menghafal Al-Qur’an sebanyak 30 Juz, tentunya ini adalah sebuah petunjuk dari Allah,” sebut Hasan.
Pad oerhelatn ini, ada delapan cabang lomba yang akan dipertandingkan yaitu terdiri dari tilawah Al-Qur’an golongan dewasa dan qira’at Al-Qur’an, hifzh Al-Qur’an golongan 20 dan 30 juz, hifzh Al-Qur’an golongan 10 juz, tilawah Al-Qur’an golongan tartil Al-Qur’an, tilawah Al-Qur’an golongan anak-anak, tilawah Al-Qur’an golongan remaja, serta khat Al-Qur’an, adapun jumlah peserta Nunukan Timur 54 peserta, Nunukan Utara 48 peserta, Nunukan barat 46 peserta, Nunukan tengah 30 peserta, Desa Binusan 12 peserta, Ujang Fatima 12 peserta, Binusan Dalam 12 peserta dengan total peserta 214 orang.

Acara pembukaan MTQ pada malam ini dirangkai dengan Launching UPZ unit pengumpul zakat SATU RT SATU AMIL.(Prokompim)

Baca Juga  Sekolah Penggerak, SMP 1 Nunukan Gelar Projek Pertama di Rumah Adat Tidung Binusan
Baca Juga
Baca Juga  Lantik Pejabat di Lingkungan Pemkab Nunukan, Laura: Bangunlah Team Work yang Solid

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights