DAERAHKESEHATAN

Menilik Puskesmas Binusan Nutrition Expo 2023, Komitmen Lintas Sektor Tekan Angka Stunting

2
×

Menilik Puskesmas Binusan Nutrition Expo 2023, Komitmen Lintas Sektor Tekan Angka Stunting

Share this article

DPNTimes, Nunukan – Puskesmas Binusan Nutrition Expo 2023 kegiatan gelaran Puskesmas Binusan ini bernuansa Kesehatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional dengan Tema ” Isi Piringku Kini Kaya Protein Hewani Cegah Stunting”. Acara dipusatkan di halaman Puskesmas Binusan, Jumat (17/02).

Komitmen Puskesmas Binusan di mana wilayah kerjanya menjadi salah satu lokus penuntasan Stunting Kabupaten Nunukan sangat penting bersama lintas sektor terkait seperti kecamatan, desa, dan pihak-pihak yang peduli dalam pembinaan tim Percepatan Penuntasan Stunting (Tim TPPS) Kabupaten Nunukan.

Baca Juga  DPRD Nunukan Setujui Ranperda Tentang LPj Pelaksanaan APBD TA 2022

Hujan gerimis tidak menyurutkan para tamu undangan dan sekitar 189 anggota masyarakat hadir dan mendapatkan pelayanan promosi kesehatan sepanjang kegiatan berlangsung. Kegiatan ini dihadiri Ketua tim TPPS diwakili Kepala Bappeda Raden Iwan Kurniawan, Darma Wanita Kabupaten Nunukan Nur Eka Vachmi, TP PKK Nunukan dr. Herlina Barends, Camat Nunukan Hasan Basri, yang mewakili Kepala desa Binusan, Kepala desa Binusan Dalam, dan desa Ujang Fatimah.

Acara diwarnai Lomba Cipta Menu Sehat berbahan dasar protein hewani diikuti 14 tim yang berlaga menyajikan menu sehat berbahan protein. Dalam lomba cipta menu yang bahan dasarnya disediakan panitia dengan kriteria lomba kandungan gizi, pengetahuan peserta tentang gizi, estetika, rasa, dan tekstur.

Pemenang lomba Juara 1 tim PKK kabupatenNunukan, Juara 2 tim HIMPAUDI kabupaten Nunukan, juara 3 tim DWP kabupaten Nunukan, juara harapan 1 tim Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Nunukan, Juara Harapan 2 tim Paud Aisyah Nunukan, Juara Harapan 3 tim SMPN 3 Nunukan.

Tidak kalah meriah, Senam Sehat diikuti setidaknya 80 orang, lalu juga dibuka skrining Penyakit Tidak Menular (PTMP yang terdiri atas pemeriksaan tekanan darah dan berat badan, pemeriksaan gula darah-asam urat-kolesterol, serta talkshow edukasi gizi yang diisi oleh spesialis gizi klinis dr. Eiyta Ardinasari, Dandim 0911 Nunukan Letkol Inf. Albert Frantesca, dan PLT Kepala Dinas Kesehatan P2KB Hj. Miskia. Kegiatan ini dipandu oleh pemegang program gizi Selamat, SKM. Selain itu, juga diadakan vaksinasi Covid 19, serta Kelas Ibu Hamil.

Binusan Nutrition Expo 2023 ini juga didukung partisipasi Tim Penggerak PKK Kabupaten, Apotik dan Klinik Kimia Farma Nunukan, PT. Kalbe Nutritionals, Bank Kaltimtara, anggota DPRD Kalimantan Utara Tamara Moriska dan berbagai kalangan masyarakat peduli stunting.

Menurut kepala Puskesmas Binusan dr. Senoaji Wijanarko, MARS data terakhir angka stunting di wilayah kerjanya sedikit meningkat dari data sebelumnya sehingga dibutuhkan lebih banyak lagi partisipasi aktif berbagai pihak dalam proses edukasi, pembangunan sarana dan prasarana pendukung, serta aktifitas pencegahan lainnya.

” Karena, ketika seorang anak masuk dalam kondisi stunting, sejatinya sudah agak terlambat jika usianya lebih dari 2 tahun”, tutur dr. Senoaji Wijanarko (Prokompim)

Baca Juga

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights