NEWSTNI-POLRI

Satgas TMMD Kodim HST Gelar Penyuluhan Pelayanan Kesehatan

18
×

Satgas TMMD Kodim HST Gelar Penyuluhan Pelayanan Kesehatan

Share this article
Satgas TMMD Kodim HST Gelar Kegiatan Penyuluhan Pelayanan Kesehatan

DPNTimes,HST-Kehadiran Satgas TMMD ke-112 Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah (HST) di tengah-tengah masyarakat merupakan upaya membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Keberadaannya tidak saja mengerjakan kegiatan fisik, Satgas TMMD juga melaksanakan kegiatan non fisik dalam bentuk sosialisasi dan penyuluhan pelayanan kesehatan.

Upaya tersebut dilaksanakan dengan mengandeng Puskesmas Kasarangan. Satgas TMMD kemudian mengelar penyuluhan pelayanan kesehatan masyarakat di Desa Kasarangan, Kecamatan Labuan Amas Utara pada Jumat (01/10).

Mahlida Irliani bertindak sebagai narasumber dalam penyuluhan pelayanan kesehatan tersebut menyampaikan materi tentang hipertensi.

Baca Juga  HUT ke-76, TNI Anggota Satgas TMMD Kodim 1002/HST Dapat Kejutan dari Warga Rantau Keminting

Ia menjelaskan, hipertensi merupakan istilah medis penyakit tekanan darah tinggi. Kondisi kondisi tersebut dapat mengakibatkan berbagai macam komplikasi kesehatan yang dapat mengancam nyawa sekaligus dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke dan bahkan kematian.

“Hipertensi dapat dapat dideteksi dengan cara rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah. Setidaknya, orang dewasa dianjurkan melakukan pemeriksaan darah secara rutin dan setiap lima tahun sekali.” jelas Mahlida.

Seseorang, lanjut dia, bisa divonis mengalami hipertensi jika pada pembacaan tekanan darah sistolik selama dua hari berturut-turut menunjukkan hasil yang lebih tinggi dari 140 mmHg. Selain itu, bisa juga melalui pembacaan tekanan darah diastolik yang menunjukkan hasil yang lebih dari 90 mmHg.

Baca Juga  Dinas PU HST Cek Pengerjaan Perbaikan Mutu Jalan TMMD ke-112

Pada kesempatan tersebut, Komandan SSK TMMD Ke-112 Kodim 1002/HST Kapten Inf Lilis Sutanto menyampaikan bahwa penyuluhan tersebut dilakukan dengan tujuan memberikan  pemahaman kepada msyarakat tetang pentingnya menjaga kesehatan.

“Selain itu, sosialisasi ini juga dilaksanakan atas dasar kepedulian kami terhadap sesama dan rasa kekeluargaan yang terjalin selama ini antara personel Satgas TMMD dengan warga Kecamatan Labuan Amas Utara,” pungkasnya.

Sumber: Pendim1002
Editor: Muhammad Syukri
Baca Juga
Baca Juga  Peduli Warga Papua, TNI Bagikan Pakaian dan Sembako Kepada Warga di Perbatasan RI-PNG

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights