DAERAHPOLITIK

Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Digelar, Bupati Laura Berpesan Kepada Bawaslu Kabupaten Nunukan

9
×

Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Digelar, Bupati Laura Berpesan Kepada Bawaslu Kabupaten Nunukan

Share this article

DPNTimes, Nunukan – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Nunukan menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan tema “Siaga Pengawasan Pemilu, Setahun Menuju Pemilu 14 Februari 2024” yang bertempat di Sayn Cafe and Resto pada Selasa, (14/02/2023) malam

Sebagai badan yang diamanatkan secara konstitusional dalam hal pengawasan Pemilu, oleh karena itu sebuah inovasi sangat dibutuhkan dalam meningkatkan upaya–upaya pencegahan untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas, salah satu inovasi pengawasan Pemilu yang diwujudkan Bawaslu yaitu dengan melibatkan masyarakat melalui Pengawasan Partisipatif.

Menyikapi hal tersebut Bupati Laura dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bawaslu Kabupaten Nunukan yang telah menginisiasi acara sosialisasi pengawasan ini dalam menghadapi Pemilu 2024

Baca Juga  Ikut Pawai Pembangunan, DLH Nunukan Deskripsikan Kriteria Penilaian  Adipura

Bupati Laura berpesan kepada Bawaslu agar dapat mengawasi segala aktivitas yang berkaitan dengan Pemilu sebaik mungkin.

“Saya berpesan kepada Bawaslu agar bisa mengawasi segala aktifitas yang berkaitan dengan Pemilu sebaik mungkin sehingga diharapkan tidak terjadi pelanggaran pada saat sebelum hari pelaksanaan dan setelah pelaksanaan Pemilu serentak 2024, segala permasalahan atau pelanggaran yang mungkin timbul harus segera diantisipasi dan dicegah. Kepada aparat pengamanan juga agar dapat melakukan deteksi dini adanya isu-isu yang berkembang yang dapat mengganggu jalannya proses demokrasi Pemilu 2024, maka perlunya pengawasan yang maksimal dari Bawaslu, TNI dan POLRI serta melibatkan masyarakat demi mewujudkan Pemilu yang bersih,” jelas Laura.

Sementara itu Ketua Bawaslu Nunukan, Moch. Yusran mengawali sosialisasi dengan materi tahapan verifikasi faktual Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan digelar dalam waktu dekat, Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Netralitas Lembaga Pendidikan dan Agama.

Baca Juga  Lomba Tari Yameto dan Senam Lukiwol Berakhir, 2 Sekolah Berhasil Pertahankan Juara

Yusran juga menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif ini merupakan serangkaian kegiatan Bawaslu Kabupaten Nunukan dalam rangka melibatkan masyarakat secara aktif untuk turut serta berpartispasi dalam melakukan pengawasan Pemilu serentak 2024.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk ikhtiar dari Bawaslu Kabupaten Nunukan dalam upaya pencegahan potensi pelanggaran selama penyelenggaraan tahapan Pemilu berlangsung, sehingga Pemilu yang Berkualitas yang di cita- citakan dapat terwujud.

Di akhir acara, Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus melaunching 21 Posko Kawal Hak Pilih Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Nunukan. ( Prokompim)

Baca Juga
Baca Juga  Jawab Kebutuhan Buruh, PHI Segera Hadir di Kaltara

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights