DAERAHHUKUMKRIMINALNEWSTNI-POLRI

Polres Nunukan Musnahkan 20,2 Kg Sabu Hasil Sitaan Januari-April 2022

29
×

Polres Nunukan Musnahkan 20,2 Kg Sabu Hasil Sitaan Januari-April 2022

Share this article

DPNTimes,Nunukan-Polres Nunukan melakukan pemusnahan barang bukti (BB) narkotika jenis Sabu seberat 20.238,32 gram (20.2 kg) di Halaman Mako Polres Nunukan pada Rabu (20/04).

Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hardiyanto mengungkapkan pemusnahan BB narkotika jenis Sabu ini merupakan hasil sitaan periode Januari hingga April 2022 bekerja sama dengan TNI, BNN, BNP, Bea Cukai serta instansi vertikal lainnya.

“Kita juga sudah menyisihkan masing-masing 5.1 gram yang akan dipergunakan dalam penyidikan dan persidangan sehingga yang kita musnahkan ini tidak digunakan dalam penyidikan dan persidangan yang masih berlangsung,” sebut dia.

Baca Juga  Apel Gabungan TNI-Polri Wujud Sinergitas 2 Instansi di Perbatasan

Barang bukti ini, lanjut AKBP Ricky Hardiyanto, merupakan hasil pengungkapan 23 perkara tindak pidana penyalahgunaan narkoba dengan jumlah tersangka cukup banyak.

“Namun, kita hanya menunjukkan delapan tersangka untuk menyaksikan proses pemusnahan BB ini,” kata dia.

Ditambahkan KBO Reskoba Polres Nunukan, Ipda Untung Darmo menyebutkan BB jenis Sabu ini merupakan selundupan asal Sabah, Malaysia dengan modus yang sama seperti kasus-kasus sebelumnya.

Barang haram ini disebutkan sebagian besar akan diselundupkan ke Kota Pare-Pare dan Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan melalui jalur laut.

Baca Juga  Disisa Masa Jabatannya, Laura Terus Memperjuangkan Tenaga Honorer Nunukan Agar Segera Lolos PPPK

Selama peridoe January-April 2022, sudah 23 tersangka yang ditangkap di berbagai lokasi berbeda dan semuanya kini tengah menjalani masa persidangan. Diantara mereka, ada dua orang wanita.

“Tersangka dijerat pasal 114 ayat 2 UU nomor 35 Tahun 2009 dengan tuntutan penjara minimal 6 tahun dan maksimal seumur hidup,” kata Ipda Untung Darmo.

Baca Juga
Baca Juga  TNI Bersama Warga Bergotong Royong Membangun Jalan di Skouw Mabo

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights