DAERAH

Peringatan HUT Baznas RI Ke-22 Dimeriahkan dengan Khitanan Massal dan Pemberian Bantuan

1
×

Peringatan HUT Baznas RI Ke-22 Dimeriahkan dengan Khitanan Massal dan Pemberian Bantuan

Share this article

DPNTimes,Nunukan – Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin mewakili Bupati Nunukan hadir dalam kegiatan HUT Baznas RI Ke -22. Kegiatan kali ini berlangsung di Kantor Baznas Nunukan Jl. Antasari pada Selasa (17/01).

Berdasarkan keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 2001, telah membentuk Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq dan sedekah pada tingkat nasional. Zakat sangat berperan dalam menopang pembangunan nasional. Selaku lembaga pengelola dan penyalur zakat, menjadi tugas baznas untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan dalam mengelola zakat.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin pada kesempatan ini menyampaikan sambutan Bupati.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Nunukan Bupati mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pengurus Baznas Kabupaten Nunukan yang telah membantu menyukseskan berbagai program Baznas dalam rangka memberikan kesejahteraan dan kemaslahatan bagi umat.

Baca Juga  Meski Diguyur Hujan, Malam Puncak Hari Jadi Desa Sanur Berlangsung Sangat Meriah

“Saya mengajak seluruh pengurus Baznas Kabupaten Nunukan untuk terus mengoptimalkan zakat dilingkungan instansi masing-masing, agar semakin memperkuat koordinasi dan sinergi dengan Kementerian Agama sebagai leading sektor regulasi, kebijakan dan pengawasan zakat,” ujarnya.

Tidak lupa pula, Bupati Laura juga mengucapkan Selamat Ulang Tahun Baznas Ke-22 Tahun 2022.

“Terus berikhtiar untuk mewujudkan visi menjadi lembaga utama menyejahterakan umat demi kemajuan Kabupaten Nunukan yang kita cintai bersama,” ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu pula, Ketua Baznas Nunukan Ustadz H. Zahri Fadli juga menyampaikan bahwa pelaksanaan HUT Baznas RI kali ini dilaksanakan secara serentak di masing-masing daerah.

“Kegiatan pertama yg kami laksanakan adalah Khataman Al-Qur’an 1000 kali, dengan tujuan bahwa agar kita terus bersyukur dan turut berdoa untuk para muzaki dari pimpinan dan pengurus baznas seluruh Indonesia yang insya Allah mendapatkan keberkahan bagi kita semua,” ungkapnya.

Ustadz Zahri juga menyampaikan bahwa dalam HUT Baznas kali ini juga dilaksanakan kegiatan Khitanan Massal dan pemberian bantuan.

Baca Juga  Perkembangan Tingkat Inflasi Kaltara 2022

“Dari awal tahun 2022 hingga akhir tahun, Kami juga melaksanakan kegiatan-kagiatan sosial. Alhamdulillah di tahun 2022 kemarin kami telah melaksanakan khitanan massal sebanyak 716 orang di 10 kecamatan di Kab. Nunukan. Dalam satu tahun kemarin, Baznas juga telah memberikan bantuan kurang lebih sebanyak 3.000.” ujarnya.

Kabid Bimas dan PHU Kanwil Prov. Kaltara H. M. Saleh juga menyampaikan bahwa saat ini masih banyak masyarakat yang tidak tahu bagaimana caranya untuk melaksanakan zakat, wakaf, dan sedekah di karenakan minimnya informasi, bahkan ada yang tidak mau melakukan zakat.

“Jadi bagaimana baznas kedepan nantinya, dengan mengubah maindset masyarakat dengan cara apapun agar masyarakat betul-betul paham akan zakat, wakaf, dan sedekah,” ungkapnya.

Peringatan HUT Baznas RI kali ini juga rangkaikan dengan kegiatan Khitanan massal, penyerahan piagam penghargaan kepada para muzaki teladan, munfid teladan, serta sahabat Baznas unggul sebanyak 11 orang. Pemberian bantu pembinaan peserta MTQ kepada Kecamatan Sebatik dan Sebatik Utara masing-masing sebesar Rp.10.000.000, dan Kecamatan Sebatik Tengah sebesar Rp.15.000.000 serta pemberian bantuan sosial stunting kepada 10 orang dari Dinas Kesehatan Kabuoaten Nunukan masing-masing sebesar RP.500.000 dan parsel, bantuan sosial kepada Dhuafa 10 orang dari Dinas Sosial Kabupaten Nunukan masing-masing sebesar RP.500.000. (prokompim)

Baca Juga  Wedding Market dan Festival Tari Kreasi Nusantara Resmi Ditutup
Baca Juga

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights