DAERAH

APBD 2024 Disetujui, Ini Saran dan Masukan Banggar DPRD Nunukan

3
×

APBD 2024 Disetujui, Ini Saran dan Masukan Banggar DPRD Nunukan

Share this article

DPNTimes.com, Nunukan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nunukan menyetujui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Nunukan 2024 sebesar Rp1,687 Triliun lebi, Kamis (16/11) malam dalam Rapat Paripurna di Kantor DPRD Nunukan.

”Kita sudah menandatangani persetujuan bersama dengan Pemkab Nunukan APBD 2024 Rp 1.8 Triliun, kita berharap agar kedepan APBD tersebut teralokasikan untuk kepentingan masyarakat Nunukan,” kata Ketua DPRD Nunukan, Hj. Leppa.

Dalam Rapat Paripurna ini, anggota legislatif dan eksekutif juga menyepakati sejumlah rekomendasi berupa saran dan masuk terhadap pelaksanaan APBD tahun 2024.

Rekomendasi tersebut meliputi: Pelayanan Dasar khususnya kesehatan menjadi prioritas pelayanan khususnya di wilayah pedalaman Kabupaten Nunukan.

Baca Juga  Presiden Berdialog dengan Pedagang Pasar hingga Nelayan di Tarakan

Hal ini disampaikan juru bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Nunukan, Hamsing dalam Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan DPRD atas persetujuan terhadap Nota Penjelasan Bupati Nunukan terhadap Raperda APBD 2024.

Selain pelayanan kesehatan, sebut Hamsing dalam sambutannya, rekomendasi tersebut juga menyinggung soal pemetaan kawasan Kabupaten Nunukan yang memenuhi prinsip keadilan sosial, layak dan proporsional.

APBD 2024 juga diminta merealisasikan infrastruktur pendidikan, baik kurikulum buku belajar mengajar maupun ektra korikuler.

”Mutu tenaga pengajar harus menjadi perhatian khusus Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan dengan menyiapkan program yang dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” tegas Hamsing.

Selanjutnya, Banggar menyampaikan agar pesta budaya pada hari ulang tahun (HUT) Kabupaten tidak hanya dilaksanakan di Pulau Nunukan saja tetapi juga dilaksanakan secara keseluruhan baik di kecamatan maupun desa yang kegiatannya disesuaikan dengan kearifan lokal masing-masing wilayah.

Baca Juga  Bupati Laura Buka Pelatihan dan Pendampingan Fasilitator dalam Pemanfaatan Buku Bacaan Anak

Lokasi penarikan pajak dan retribusi daerah juga harus menjadi perhatian Badan Pendapatan Daerah (BPD) Kabupaten Nunukan agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Nunukan meningkat setiap tahun anggaran.

Perhelatan pesta demokrasi 2024 menjadi agenda prioritas tahun depan sehingga Banggar DPRD Nunukan juga meminta pemerintah agar memastikan anggaran Pilkada 2024 tersedia.

Setelah pesta demokrasi 2024, anggota DPRD Nunukan bertambah lima orang dengan total keseluruhan 30 anggota legislatif, pemkab Nunukan diharapkan mengakomodir anggaran Sekretariat DPRD Nunukan terutama terkait pemenuhan kebutuhan AKD.

”Pemanfaatan anggaran dilakukan selektif dan seefisien mungkin agar lebih tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga
Baca Juga  DPRD dan Pemkab Nunukan Setujui APBD Kabupaten Nunukan Tahun Anggaran 2024

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights