DAERAHTNI-POLRI

Warga Perbatasan Serahkan 2 Pucuk Senpi kepada Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Mtg

2
×

Warga Perbatasan Serahkan 2 Pucuk Senpi kepada Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Mtg

Share this article

DPNTimes,Nunukan-Warga perbatasan menyerahkan dua pucuk senjata api (senpi) laras panjang di Pos Lumbis, Kecamatan Lumbis Hulu, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Penyerahan senpi tersebut berlangsung saat kunjungan kerja Dansatgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung Letkol Inf Deny Ahdiani Amir ke wilayah SSK 4 pada Selasa (22/11).

Danpos Lumbis Letda Inf Rudi Kurniawan menyampaikan bahwa warga yang bersangkutan sebelumnya ragu untuk menyerahkan dua senpi tersebut kepada pihak berwajib lantaran takut dikenai sanksi atau hukuman.

Baca Juga  Wakili Pemkab Nunukan, H Surai Jadi Pemateri Projek Pesona Budaya Daerah

“Namun, setelah mendapatkan pemahaman dan sosialisasi dari Pos Lumbis, mereka akhirnya memberanikan diri untuk menyerahkan senjata tersebut ke pihak Pos Lumbis dan diterima langsung oleh Dansatgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Mtg,” beber Danpos Lumbis

Disebutkan lebih lanjut Danpos Lumbis, dua orang warga perbatasn yang menyerahkan senjata tersebut berinisial “YC” dan “A” sementara jenis senjata yang diserahkan adalah dua pucuk senjata api penabur, dua amunisi aktif dan tiga slongsong amunisi.

Dari keterangan yang bersangkutan, lanjut Danpos Lumbis, senpi jenis penabur tersebut telah lama tersimpan di ladang yang dimiliki oleh nenek moyangnya sejak masa konfrontasi Malaysia ke Indonesia pada 1963.

Baca Juga  Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Kayan 2023, Asisten III Hadir Wakili Gubernur

Sementara itu, Dansatgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Mtg Letkol Inf Deny Ahdiani Amir dalam keterangan tertulisnya menyebutkan penyerahan senjata secara sukarela oleh warga perbatasan setelah mendapatkan pemahaman dan sosialisasi dari anggota Pos Lumbis.

Ia berharap, ke depannya, masyarakat semakin sadar akan bahaya kepemilikan senjata dan tidak merasa takut untuk menyerahkan kepada pihak berwajib.

“Semoga dengan adanya pendekatan terus menerus dari Personil Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Mtg, masyarakat di perbatasan sadar akan bahayanya kepemilikan senjata baik untuk diri sendiri maupun orang lain,” tutup Dansatgas.

Baca Juga  Jaga Kedaulatan RI, Satgas Yonif 131/Brs Cek Batas Wilayah Patok Batas MM 2.2

Sumber: Penyon621/Mtg

Editor: Muhammad Syukri

Baca Juga

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights