DAERAHEDUKASITNI-POLRI

Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung Gelar Bantuan Gadik Di perbatasan

5
×

Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung Gelar Bantuan Gadik Di perbatasan

Share this article

DPNTimes,Nunukan- Satuan Petugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung Pos Kanduandan memberikan bantuan tenaga pendidik (Gadik) dan Sargal berupa tas dan baju Mabes TNI di SDN 004 Sei Menggaris pada Sabtu (10/09).

DanSSK II Lettu Inf Budi Maruli T.S mengatakan bantuan Gadik dan tas sekolah serta baju NKRI dari Mabes TNI merupakan salah satu tugas Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung dalam membangun wilayah perbatasan dengan menjadi pengajar di samping menjaga keamanan wilayah perbatasan.

“Mengajar di sekolah menjadi salah satu tugas pokok Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung selain mengamankan perbatasan negara,” sebut Lettu Inf Budi Maruli.

Baca Juga  Insentif Guru Dipastikan Naik, Tahun Ini Pemprov Alokasikan Rp 100 M

Ditambahkan dia, bidang studi yang diajarkan antara lain Bahasa Inggris dan Indonesia, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, pendidikan kewarganegaraan, IPS, dan PBB serta pembinaan pramuka.

Sementara itu, Danpos Kanduangan Letda Inf Dedik Iswahyudi mengatakan Keberadaan Personil Pos Kanduangan Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung mengatasi kekurangan guru yang hanya berjumlah 10 orang di SDN 004 Sei Manggaris.

“Pengalaman membaur bersama anak didik kerap mengharukan mengingat kehidupan mereka yang terpencil dengan fasilitas serba terbatas,” paparnya.

Disebutkan Letda Infantri Dedik Iswahyudi, banyak peserta didik tidak menyangka ada tentara yang bisa mengajar karena tahunya, tugas tentara itu hanya berperang. Padahal, pembinaan teritorial di samping tugas kemiliteran, tentara juga melakukan pembinaan terhadap masyarakat setempat melalui pendidikan dan pengajaran. Pembinaan teritorial bahkan dianggap sebagai tugas utama yang sejajar dengan tugas pertempuran.

Baca Juga  Puluhan Tumpeng dan Produk UMKM Meriahkan HUT Ke-24 Kabupaten Nunukan

Di tempat terpisah, Dansatgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung Letkol Inf Deny Ahdiani Amir mengatakan hampir seluruh pos melaksanakan tugas mengajar di sekolah, kecuali personil yang jarak posnya jauh dari perkampungan.

“TNI memang memiliki program mengajar (guru bantu) untuk daerah perbatasan. Saya berharap dengan adanya Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung dapat memajukan Pendidikan diperbatasan,” Tutup Dansatgas.

Sumber: Penyon621/Mtg
Editor: Muhammad Syukri
Baca Juga
Baca Juga  Susun RPJPD Kabupaten Nunukan 2025-2045, Laura: Pedoman Pemerintah dan Masyarakat 20 Tahun ke Depan

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights