Mengangkat tema “Kerukunan Umat, Indonesia Hebat”, upacara Hari Amal Bhakti tersebut berlangsung di Lapangan Agathis, Tanjung Selor, Selasa (03/01).

“Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis, kerukunan sering menguji kita lebih-lebih menjelang pemilu 2024,” ujar Sekprov membacakan sambutan Menag RI.

Kerukunan merupakan pra-syarat pembangunan nasional sebab dalam pembangunan membutuhkan stabilitas.

“Stabilitas dapat terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai. Di tahun politik ini, potensi terjadinya ketidak rukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda-beda tetap saja ada,” tambahnya.

Baca Juga  Susun Rancangan Awal RKPD Tahun 2024, Pemkab Nunukan Gelar Forum Konsultasi Publik

Politisasi agama dan tempat ibadah yang kerap terjadi untuk meraih efek elektoral juga menjadi perhatian menjelang tahun pemilu.

“Politisasi tempat ibadah sebagai ajang kampenye sudah mulai terjadi. Politik identitas menjelang pemilu harus diantisipasi dan dimitigasi, agar kerukunan umat tidak ternodai,” ungkapnya.

Keluarga besar Kemenag bersama tokoh agama dan masyarakat harus menjadi garda terdepan dalam membina suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian sesungguhnya.

“Saya minta tidak ada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag yang ikut melakukan provokasi di tengah keberagaman. ASN Kemenag harus mejadi simbol kerukunan dan persaudaraan dan yakinlah kerukunan umat akan megantarkan pada ‘Indonesia Hebat’,” himbaunya.

Mengakhiri sambutannya, Sekprov Suriansyah mengumumkan bahwa sebanyak 10.073 Pegawai Kemenag RI menerima Satya Lencana Karya Satya oleh Presiden RI, Ir H Joko Widodo untuk masa pengabdian 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun.

Baca Juga  Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung Bersama Masyarakat Perbatasan Bangun Pangkalan Speed Boat

“Sayan ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan, semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kemenag. Atas nama Gubernur dan Wakil Gubernur beserta jajaran Pemprov Kaltara mengucapkan selamat merayakan Hari Amal Bhakti ke-77 pada Kanwil Kemenag Kaltara, diharapkan pelayanan tahun berikutnya lebih baik dibanding tahun sebelumnya dan kita terus pererat silaturahmi dan kekompakan sehingga upaya kita mewujudkan Kaltara berubah, maju, dan sejahtera bisa terealisasi,” tutup Sekprov.

Acara pun diakhiri dengan penyerahan bantuan sembako kepada beberapa panti sosial dan panti asuhan yang ada di Provinsi Kaltara. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Sekprov dan Kepala Kemenag RI Kaltara, Drs H Saifi, M.Pd, dan turut disaksikan oleh Irwasda Kepolisian Daerah Kaltara, Kombes Pol. Eka Wahyu, Bupati Bulungan, Syarwani,S.Pd, M.Si., serta perwakilan Korem Maharajalila dan Kodim Bulungan. (dkisp))