DAERAH

Hadiri Musrenbang Kewilayahan, Bupati Laura Inginkan Lebih Fokus dan Selaras Antara Kabupaten, Provinsi dan Nasional

2
×

Hadiri Musrenbang Kewilayahan, Bupati Laura Inginkan Lebih Fokus dan Selaras Antara Kabupaten, Provinsi dan Nasional

Share this article

DPNTimes,Nunukan – Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kewilayahan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Nunukan 2024 yang dilaksanakan di Sebatik, (31/01). Dengan tema peningkatan kinerja pelayanan publik penguatan keanekaragaman industri dan perdagangan yang berbasis produk unggulan daerah.

Pembahasan Musrenbang Kewilayahan RKPD 2024 lebih difokuskan pada hasil inputan dari Musrenbang Desa/Kelurahan pada aplikasi SIPD untuk menghasilkan 5-10 usulan prioritas dengan kreteria peningkatan kinerja pelayanan publik, penguatan keanekaragaman industri dan perdagangan yang berbasis produk unggulan daerah yang dilaraskan dengan delapan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada acara pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Kepala Daerah se-Indonesia.

Baca Juga  Ajak Seluruh Perangkat Daerah Kerja Nyata, Wagub Yansen: Groudbreaking PLTA Mentarang, Optimis KIHI Terwujud, Ini Peluang Besar Kaltara

Arahan tersebut mengedepankan pengendalian inflasi di daerah, menurunkan kemiskinan ekstrem sampai target 0 persen pada tahun 2024, menurunkan stunting, mempermudah investasi, meningkatkan penggunaan produk-produk dalam negeri, upaya memaksimalkan potensi potensi daerah, menjaga stabilitas politik dan keamanan, menjamin kebebasan beragama, isu tentang pemulihan ekonomi di masa pasca pandemi Covid-19 baik pusat maupun daerah.

“Berdasarkan hal tersebut, saya mengharapkan adanya kerja sama lintas sektor sehingga program yang akan dilakukan pada tahun 2024 bisa lebih fokus dan selaras antara kabupaten, provinsi dan nasional. Ketersediaan infrastruktur dasar yang mendukung kemajuan ekonomi daerah harus terus ditingkatkan. Karena itu, diperlukan adanya komitmen yang kuat dari pemerintah daerah dengan dukungan pemerintah provinsi dan pusat.” Kata Laura.

Baca Juga  Presiden Berdialog dengan Pedagang Pasar hingga Nelayan di Tarakan

Lebih jauh, Bupati Laura menginginkan kepada seluruh kepala daerah untuk memberikan tanggapan serta respon terhadap hasil-hasil Musrenbang kecamatan agar apabila ada kesesuaian dengan rancangan awal Renja Perangkat Daerah dan potensi yang ada, maka usulan masyarakat dalam pelaksanaan Musrenbang harus di pertimbangkan untuk masuk dalam daftar pelaksanaan kegiatan Musrenbang 2024.

“Tentunya kegiatan-kegiatan tersebut betul-betul mampu mengungkit pencapaian target-target indikator pembangunan daerah tahun 2024.” tegas Laura.(Prokompim)

Baca Juga
Baca Juga  Upaya Tingkatkan Layanan Kesehatan Ibu dan Anak, RSUD Nunukan Jalin Kerja Sama dengan RSAB Harapan Kita

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights