BUDAYAEDUKASI

Gema Untaian Frasa Puisi Meriahkan HUT ke-24 Nunukan

17
×

Gema Untaian Frasa Puisi Meriahkan HUT ke-24 Nunukan

Share this article

DPNTimes.com, Nunukan – Dinas Pendidikan (Disdik) Nunukan turut serta meramaikan hari ulang tahun (HUT) ke-24 Kabupaten Nunukan melalui lomba puisi yang digelar sejak 16-18 Oktober 2023.

Lomba kreasi puisi yang digelar di Paras Perbatasan Nunukan tersebut diikuti oleh pelajar dari tingkat TK hingga SMA/sederajat, bahkan ada pula kategori khusus guru.

Sekretaris Disdik Nunukan H Tuo menilai puisi adalah hal penting dan kaya makna. Karena itu pula, tema puisi yang akan dibuat dan bacakan oleh peserta harus menjadi bagian dari HUT ke-24 Nunukan.

Disebutkan H Tuo, karya-karya puisi yang telah dibuat oleh peserta baik oleh pelajar atau peserta didik maupun guru nantinya akan kembali ditampilkan pada event-event yang akan datang.

Baca Juga  Baru Berdiri Dua Tahun, Siswa SMKN 004 Tarakan Cetak Prestasi Membanggakan

Melihat antusiasme para guru maupun siswa siswi dalam mengikuti lomba tersebut, ia berharap kegiatan serupa akan semakin berkembang di masa akan datang.

Semula, lomba puisi tersebut hanya diperuntukkan untuk peserta didik namun seiiring berjalannya waktu, dikembangkan hingga guru juga bisa adu kemampuan literasi mereka.

“Awalnya penyelenggaraan lomba hanya merencanakan untuk tingkat pelajar  saja, namun banyak masukan akhirnya meningkat hingga para guru. Kita berharap kegiatan ini akan terus berkembang, melihat hasil karya – karya dari para peserta sangat bagus dan sudah ada beberapa yang kita simpan dan akan ditampilkan di event selanjutnya,” jelasnya.

Sementara itu, Febriana SP, salah satu peserta dari tingkat SMP mengungkapkan  makna puisi yang ia ciptakan bertujuan mengajak para pemuda pemudi Kabupaten Nunukan untuk terus berkarya  memajukan kota Nunukan agar  bisa dikenal oleh daerah luar dari hasil karya-karyanya.

Baca Juga  Sediakan 540 Judul Buku, Taman Baca Masyarakat "Pagun Taka" Dibuka Untuk Umum

“Puisi yang saya bawakan adalah untuk mengajak para pemuda pemudi yang ada di Nunukan agar terus berkarya untuk memajukan kota Nunukan dan supaya kota Nunukan nantinya bisa dikenal oleh daerah luar dari hasil karya – karyanya,” ujar Febriana  siswi  SMP N 1 Nunukan.

Sama halnya dengan peserta dari tingkat SMA, mereka menciptakan puisi dengan begitu indah dan mempunyai makna yang sangat baik khususnya untuk kabupaten Nunukan.

Lantunan puisi yang dibacakan oleh setiap peserta dengan gaya dan cara mereka membacakan puisinya sangat mencuri perhatian para juri dan juga penonton.(*/adv)

Baca Juga
Baca Juga  Selundupkan 5 Kg Sabu dari Malaysia, 2 TKW Asal Sulsel Diamankan Polres Nunukan

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights