NASIONAL

Terima Kunker, Kalapas Kelas IIB Nunukan Paparkan Program LPK

5
×

Terima Kunker, Kalapas Kelas IIB Nunukan Paparkan Program LPK

Share this article

DPNTimes.com, Nunukan – Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan Dan Teknologi Informasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Tribowo melakukan kunjungan monitoring dan evaluasi (Monev) ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Nunukan, Sabtu (28/10).

Dalam Kunjungan kerja (kunker) Tribowo tersebut, Kalapas Nunukan  Puang Dirham dan pejabat struktural Lapas Nunukan  beserta rombongnya berkeliling  menilik dan mengenalkan berbagai macam inovasi yang telah dibuat oleh Lapas Nunukan.

Baca Juga  Dalam Seminar, IKWI Ingatkan Peranan Perempuan di Pemilu 2024, Menteri PPPA: Perempuan Kuatkan Visi Bangsa

Untuk memberikan pembinaan kemandirian kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP,) Lapas Nunukan membentuk Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) untuk menciptakan WBP yang lebih produktif dan memiliki kreatifitas yang dapat dijadikan bekal ketika bebas nanti.

“LPK ini sudah disahkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Nunukan,” terang Puang Dirham yang belum lama menjabat sebagai Kalapas Nunukan.

Kegiantannya, lanjut Puang menambahkan, beragam program telah berjalan diantaranya membatik, menjahit, barber, pertukangan, pengelasan, meuble, kerajinan tangan, bakery, dan pembuatan tempe.

Melalui Kasi Binasdik dan Giatja Humam menyampaikan, di bawah LPK, Lapas Nunukan bekerja sama dengan Pertamina EP Tarakan Field melakukan terobosan bersama dengan membentuk fasilitas pengolahan limbah plastik.

Baca Juga  Wakil Bupati Nunukan Ucapkan Selamat atas Pengukuhan Guru Besar Pius Lustrilanang

“Lapas Nunukan bekerja sama dengan pertamina EP Tarakan Field bersama sama melakukan terobosan dengan mengolah limbah plastik menjadi ecobrick,” terang Humam

Harapannya, lanjut Human, selain membantu mengatasi permasalahan lingkungan, program pengolahan sampah menjadi ecobrick ini juga dapat menghadirkan nilai ekonomis melalui produk turunan ecobrick yang dihasilkan.

Baca Juga
Baca Juga  Sekolah Penggerak, SMP 1 Nunukan Gelar Projek Pertama di Rumah Adat Tidung Binusan

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights