CERITAEDUKASIENTERTAINMENT

Peserta Luar Pulau Nunukan Febriyanti Saka Menangkan Lomba Bercerita

11
×

Peserta Luar Pulau Nunukan Febriyanti Saka Menangkan Lomba Bercerita

Share this article

DPNTimes.com, Nunukan – Dinas perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DKPD) Nunukan sukses menggelar lomba bercerita tingkat SD sederajat di Paras Perbatasan pada Kamis (19/10).

Lomba  yang merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-24 Kabupaten Nunukan pada tahun ini tidak saja diikuti oleh peserta yang bersekolah di Pulau Nunukan tetapi juga diikuti oleh peserta dari luar.

Dibandingkan pelaksaan kegiatan serupa pada tahun sebelumnya, tahun ini diikuti lebih banyak peserta dan dinilai oleh tiga dewan juri yakni Sekretaris DKPD Muhammad Firnanda, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Jones serta Guru SMAN 1 Nunukan Dini Rosita Sari.

Disampaikan Firnanda, kemampuan peserta tahun ini dalam mengungkapkan gagasan, pikiran dan perasaan melalui lisan dinilai mengalami perkembangan yang cukup pesat jika dibanding pada tahun sebelumnya.

Baca Juga  Tradisi Ramadhan, Bupati Laura dan Rombongan Antusias Berburu Takjil

“Setidaknya itu memberikan gambaran keberhasilan seorang siswa dalam menjalani proses pendidikanya, dalam hal ini ketekunan membacanya,” kata Firnanda.

Sementara itu, Joned juga menilai adanya peningkatan baik kuantitas maupun kualitas peserta tahun ini sehingga ia merasa bahagia lantaran adanya proses yang dijalankan oleh pihak sekolah ataupun guru pendamping dalam meningkatkan kemampuan literasi perserta didik.

“Dilihat dari tehnik bertuturnya, dapat diketahui ada progres yang dilakukan pihak sekolah atau guru pendamping dalam mempersiapkan anak didik mereka mengikuti lomba. Hal itu tentunya sangat positif,” ujar Joned.

Kendati semua peserta tampil memukau, Dini Rosita Sari tetap memandang perlu untuk memberikan masukan terhadap hal-hal yang dinilai masih bisa ditingkatkan.

Lebih lanjut ia sampiakan, saat bertutur dan memeragakan percakapan, akan lebih baik jika percakapan itu dibuat sealami mungkin dengan menggunakan bahasa sehari-hari dan aksen daerah asal sesuai cerita.

Baca Juga  Hari Pers Nasional: Menteri Pendidikan akan Buka Sekolah Jurnalisme Indonesia

“Itu akan membuat nuansa ceritanya terasa lebih alami dan lebih mengesankan,” terang Dini.

Dari hasil perlombaan tersebut, Febriyanti Saka yang bersekolah di SDN 001 Seimenggaris meraih nilai tertingg yakni 2.617 dan berhasil merebut Juara I disusul Juara II oleh Aleena Dharmawan, murid SDIT Ibnu Sina Nunukan dengan dinilai 2.614 serta Juara III direbut oleh Arrayan Ramadhan Mursan yang bersekolah di SDN 003 Nunukan dengan nilai 2.590.

Selain tiga juara ini, panitia juga memberikan gelar Juara Harapan untuk tiga pemenang berikutnya, masing-masing kepada Hanna Yumna Fariha sebagai Juara Harapan I dengan nilai 2586 (SD Negeri 003 Nunukan), Rosari Kasih Marpaung sebagai Juara Harapan II dengan nilai 2577 (SD Negeri 004 Nunukan) dan Juara Harapan III diraih oleh Adyasa Gendhis Maheswari, siswa dari SD Negeri 001 Nunukan setelah mendapatkan total nilai 2574.(*/adv)

Baca Juga
Baca Juga  Hadiri Zoom Meeting, Jajaran Petugas Lapas Kelas IIB Nunukan Terima 4 Arahan

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights