DAERAHEDUKASINEWS

Pemkab Nunukan Kembali Gelar UPK

3
×

Pemkab Nunukan Kembali Gelar UPK

Share this article

DPNTimes,Nunukan-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kembali menggelar Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) paket A, B dan C dalam waktu dekat ini.

Akhmad yang ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (16/03) menuturkan pelaksanaan UPK secara bergilir akan dimulai pada Maret ini hingga Mei mendatang.

Baca Juga  Bupati Nunukan Melepas Jalan santai Dalam Rangka Memperingati Hari Lahir Nahdlatul Ulama Ke 100 Tahun

“Ujian Paket C direncanakan pada 28-31 Maret, Paket B pada 25-28 April dan Paket A pada 17-19 Mei. Semua ujian paket tidak boleh melampaui bulan-bulan yang sudah dijadwalkan,” papar Akhmad.

Untuk peserta UPK, kata Akhmad, total keseluruhan sudah mencapai 1065 peserta didik dengan rincian 252 peserta Paket A, 346 peserta Paket B dan 467 peserta Paket C, namun tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut akan berkurang.

“Data peserta yang akan mengikuti UPK ini belum pasti karena masih dalam proses verifikasi. Dijadwalkan, data peserta UPK yang fix itu nanti dua hari mendatang,” jelas Akhmad.

Akhmad menyebutkan, kegiatan pendidikan kesetaraan dilaksanakan oleh 12 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta masing-masing satu SKB dari Nunukan dan Sebatik.

Terkait waktu pelaksanaan ujian, baik Paket A, B maupun C akan dilaksanakan pada siang hari. Hal ini dikarenakan setiap PKBM tidak memiliki lokasi tetap dalam pelaksanaan pembelajaran.

“Kecuali SKB yang punya lokasi sendiri, PKBM ini umumnya menggunakan ruang kelas sekolah formal jadi hanya bisa belajar mulai dari siang. Selain itu, gurunya juga dari pengajar sekolah formal,” jelas Akhmad.

Namun demikian, Akhmad berharap setiap peserta yang lulus ujian, Baik. Paket A, B maupun C tetap melanjutkan studi mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kalau perlu sampai ke tingkat universitas. Jadi, harapan lama sekolah dan harapan rata-rata lama sekolah terpenuhi sehingga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Nunukan bisa meningkat,” harap Akhmad.

Baca Juga

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights