DAERAHPOLITIK

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu Tahun 2024

60
×

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu Tahun 2024

Share this article

DPNTimes,Nunukan – Bupati Nunukan melalui Asisten Pemerintan ran Kesra Muhammad Amin menghadiri acara pelantika anggota panitia pemelihan kecamatan (PPK) Pemilu tahun 2024 yang digelar di Ballroom Hotel Laura Nunukan pada Rabu (04/01).

Berdasarkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum, Nomor : 01/PP.04.1-Kpt/6503/2023, Tentang Penetapan dan Pengangkatan Panitia Pemilihan Kecamatan Kab. Nunukan Provinsi Kalimantan Utara, untuk Pemilihan Umum Tahun 2024. Sebanyak 105 orang dilantik menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Nunukan Pemilu Tahun 2024.

Baca Juga  Badan Anggaran DPRD Nunukan Terhadap Perubahan KUA PPAS 2023

Dari masing-masing kecamatan dilantik sebanyak 5 orang. Pelantikan kali ini juga dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting bagi peserta pelantikan yang tidak bisa hadir sebanyak 16 orang yang berada di Kecamatan Krayan.

Asisten Pemerintah dan Kesra Muhammad Amin berkesempatan menyampaikan sambutan Bupati Nunukan. Bupati Laura berharap pada pemilihan umum 2024 mendatang bisa berjalan dengan lancar, aman, adil, demokratis, dan berkualitas.

“Semua tahapan yang telah disusun oleh KPU bisa berjalan tepat waktu, semua regulasi yang ada bisa dipatuhi oleh segenap peserta Pemilu dan melibatkan partisipasi yang besar dari masyarakat.” ujarnya.

Bupati juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota PPK yang telah dilantik agar mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Serta PPK juga harus mampu menjaga netralitasnya, mampu menjaga jarak yang sama dengan semua peserta Pemilu, baik partai politik maupun perseorangan.

“Netralitas dan profesionalisme ini menjadi penting, karena kekuatan PPK sejatinya memang berada di kedua aspek tersebut. Tanpa netralitas, PPK akan sangat mudah di pengaruhi oleh pihak-pihak lain yang akan membuat pemilu menjadi tidak adil,” beber Laura.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan kendati harus memegang teguh netralitas, namun PPK tidak boleh menjadi sosok yang tidak tersentuh. PPK harus mampu membangun komunikasi yang baik dan efektif kepada semua stakeholder yang terkait dengan pemilu, baik itu partai politik, aparat keamanan, Panwaslu, hingga tokoh-tokoh masyarakat.

Selanjutnya ketua KPU Kabupaten Nunukan Rahman, menyampaikan kepada seluruh anggota yang telah dilantik, bahwa pada saat nanti kembali ke daerahnya harus terus melakukan koordinasi dengan masing-masing camat karena itu hal yang sangat penting begitu pula dengan Panwascam.

Turut hadir pada acara pelantikan ini Anggota DPRD Kabupaten Nunukan Hj Rahma Leppa, Perwakilan unsur Forkopimda Kabupaten Nunukan, Plt. Kepala Kesbangpol Kabupaten Nunukan, Kabid Perda Sat Pol PP Muzaini, Ketua Bawaslu Nunukan, Ketua Partai-partai Politik di Kabupaten Nunukan. (Prokompim)

Baca Juga

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights