HUKUMTNI-POLRI

Modus Baru, Lanal Nunukan Amankan Puluhan Pasang Sepatu Bekas

7
×

Modus Baru, Lanal Nunukan Amankan Puluhan Pasang Sepatu Bekas

Share this article

DPNTimes.com, Nunukan – Lanal Nunukan menyerahkan empat kardus berisikan puluhan pasang sepatu grade sortir kepada Bea dan Cukai Nunukan.

Sepatu grade sortir ini merupakan sepatu bekas branded dengan kondisi fisik di atas 70% berhasil diamankan Second Fleet Quick Response (SFQR) Lanal Nunukan pada Sabtu, 25 November 2023 lalu.

Hal ini disampaikan Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Handoyo pada kegiatan press release yang digelar pada Selasa (28/11) pagi.

Baca Juga  799 Pendaftar Cata PK TNI AD Gel. II TA. 2022 Ikut Sidang Parade Sub Panda Di Korem 172/PWY

Dijelaskan Komandan Lanal Nunukan, Letkol Laut (P) Handoyo, penangkapan sepatu puluhan pasang sepatu tersebut berawal dari informasi pengiriman ballpress dengan modus baru yakni dengan memecah koli ballpress menjadi paket curah yang lebih kecil untuk mengelabui petugas.

Atas dasar informasi tersebut, Lanal Nunukan melakukan pendalaman dan disposisi tim SFQR di area akses entry dan exit point masyarakat dari dan ke Tawau, Sabah Malaysia.

Alhasil, Tim SFQR berhasil mengamankan empat paket kardus besar yang sedang dimuat ke speed penumpang regular tujuan Tarakan di PLBL Liem Hie Djun Nunukan pada Sabtu (25/11) pagi.

“Dari hasil pendalaman terhadap ABK speed disampaikan bahwa sepatu tersebut dititipkan untuk dimuat tanpa diketahui pemilik dari muatan. Dan disampaikan oleh kontak pengirim bahwa muatan tersebut berisi pakaian TKI yang akan kembali ke jawa,” Terang Handoyo.

Baca Juga  Koramil 1715-01/Oksibil Beri Bantuan 100 Alkitab Ke SMP Papua Cerdas

Paket kardus tersebut kemudian diamankan di Mako Lanal Nunukan untuk pengembangan kasus dan pemetaaan pola baru peyelundupan ballpress.

Hasil penindakan, lanjut Handoyo, tidak lepas dari sinergitas yang baik diantara Lanal Nunukan dan bea cukai sebagai leading sector dalam penanganan kasus kepabeanan.

“Dan pada hari ini juga lanal Nunukan akan menyerahkan barang bukti ballpress curah tersebut kepada pihak Bea Cukai Nunukan untuk proses lebih lanjut,” tegas dia.

Baca Juga
Baca Juga  Ciptakan Sitkamtibmas Kondusif, TNI Giatkan Pendekatan Humanis di Oksibil

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights