DAERAHEDUKASI

Putri Maulidha Nur Fadhilah Juarai Lomba Karya Tulis Garapan PWI Nunukan

117
×

Putri Maulidha Nur Fadhilah Juarai Lomba Karya Tulis Garapan PWI Nunukan

Share this article

DPNTimes.com, Nunukan – Lomba karya tulis dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang digagas oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nunukan bersama Bankaltimtara Cabang Nunukan akhirnya sukses dilaksanakan.

Tiga karya tulis berjenis opini dengan tema ‘Digitalisasi dan Ekonomi Kreatif di Wilayah Perbatasan’ berhasil keluar sebagai karya terbaik dari yang terbaik pada ajang perdana PWI Nunukan tersebut.

Koordinator Dewan Juri, Adharsyah menyampaikan ada beberapa catatan yang menjadi poin dalam penilaiannya tersebut, di mana kesesuaian tulisan opini dengan tema yang diangkat dan pemenuhan kaidah-kaidah dasar dalam penulisan opini.

“Total ada 25 karya tulis yang masuk dalam meja penilaian kami dan dari beberapa tulisan itu ada yang masih belum memahami penempatan tanda baca seperti koma dan titik dalam tulisan. Bahkan, ada tulisan yang justru tidak ada paragrafnya sama sekali,” ujar Adharsyah, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga  Fraksi DPRD Kabupaten Nunukan Sampaikan Pandangan Umum dalam Rapat Paripurna

Kendati begitu, Adharsyah mengaku cukup terkejut dengan antusias para pelajar tingkat SMA/sederajat dalam mengikuti lomba tersebut.

Hal ini bahkan dibuktikan dengan berpartisipasinya pelajar dari dataran tinggi Krayan yang mengirimkan karya tulisnya kepada panitia lomba.

“Semua tulisan yang masuk ke meja penjurian jujur saja harus kami apresiasi semua. Karena hingga hari terakhir saja masih banyak yang ingin mengirimkan karya tulisnya hanya saja memang waktunya sudah kita sepakati ditutup. Tapi diluar keterbatasan kita juga, kami begitu bangga karena antusias generasi muda kita saat ini,” ungkap Wakil Ketua Bidang Pendidikan di PWI Nunukan tersebut.

Sementara itu, berdasarkan hasil penjurian oleh tiga dewan juri yang keputusannya tidak dapat diganggu gugat tersebut, menempatkan Putri Maulidha Nur Fadhilah sebagai juara pertama dengan perolehan nilai sebanyak 265, disusul Reva Nazla Hoseky dengan nilai 258 dan juara tiga diberikan kepada peserta asal dataran tinggi Krayan Sandra Lala Daring dengan nilai 245.

Menurut Adharsyah, keluarnya nama Putri Maulidha Nur Fadhilah sebagai juara pertama mengingat tulisan yang dikirimkan cukup tertata dengan baik, kemudian yang bersangkutan dapat memberikan solusi dari opini yang ada.

Baca Juga  Jalan Sehat Bersama BUMN Digelar Di Nunukan

“Menurut kami tulisan ini sangat bagus sekali, bagaimana dia mengulik sebuah persoalan namun dia juga memberikan solusi dari opininya tersebut, jadi wajar ketika kami memberikan nilai tertinggi untuk tulisan dari ananda Putri,” bebernya.

Terpisah, Ketua PWI Nunukan Taslee menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu langkah dari PWI Nunukan untuk menarik minat menulis generasi Z saat ini dan tidak menutup kemungkinan kedepan PWI Nunukan akan menggelar lomba karya tulis untuk kategori umum.

“Pelaksanaan ini tentu akan jadi bahan evaluasi kami juga, ketika memang memungkinkan untuk kita buat untuk kategori umum pasti akan kami laksanakan,” ucap Taslee.

Ditambahkan, dirinya juga ingin mengapresiasi segenap pengurus dan panitia pelaksana serta pihak Bankaltimtara selaku sponsorship yang telah ikut mensukeskan acara ini dalam upaya mewarnai HPN 2024 di wilayah perbatasan.

“Hubungan baik antara PWI dan Bankaltimtara semoga terus terjalin, sehingga kolaborasi baik kedepan bisa terus kita laksanakan,” pungkasnya. (pwinnk/red)

Baca Juga  Minta Semua Proses Pelayanan Publik Mudahkan Masyarakat
Baca Juga

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights