DAERAH

Gelar FGD Penerapan Sistem Merit, Gubernur Minta ASN Kembangkan Kompetensi

1
×

Gelar FGD Penerapan Sistem Merit, Gubernur Minta ASN Kembangkan Kompetensi

Share this article

DPNTimes, Tarakan – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Penerapan Pola Karir Berbasis Sistem Merit Menuju Manajemen Talenta yang BerAKHLAK bertempat di Hotel Tarakan Plaza, Rabu (8/3/2023).

Gubernur Kaltara Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum, dalam hal ini diwakili oleh Asisten III bidang Administrasi Umum Pollymaart Sijabat, SKM.,M.AP menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Baca Juga  Wakili Pemkab Nunukan, H Surai Jadi Pemateri Projek Pesona Budaya Daerah

“Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah berbagi bagi Kita semua terkait sistem merit, sebagai salah satu bentuk upaya kita untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatul Sipil Negara (ASN) yang unggul,” tutur Asisten III, Pollymary Sijabat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kaltara.

Gubernur menyampaikan pesan agar ASN meningkatan profesionalisme dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di Provinsi Kaltara.

Diketahui, Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dengan tegas mengamanatkan bahwa instansi pemerintah harus menerapkan sistem merit dalam manajemen ASN berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar tanpa diskriminasi.

“Dalam sistem merit, yang paling diutamakan adalah kompetensi”, ucap Pollymart.

Kemudian lanjutnya, merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN RB) No. 40/2018 tentang Sistem Merit, disebutkan bahwa penerapan aspek sistem merit dalam pengembangan karir adalah memiliki manajemen talenta dan kader suksesi.

“Sehingga target kita adalah Pemprov Kaltara memiliki ASN dengan skill dan motivasi yang tinggi, memiliki inisiatif serta selalu memperbaiki diri untuk mewujudkan terselenggaranya pemerintah yang baik (Good Governance),” terang Pollymart.

Pada akhir sambutannya, Gubernur juga meminta agar ASN di Kaltara selalu mengembangkan potensi dan kompetensinya.

“Setidaknya ada 4 skill yang harus dimiliki ASN Kaltara yaitu mampu menggunakan information, media, and technology skills. Lalu menambah life and career skills, mengembangkan learning and innovation skills, serta memiliki kemampuan komunikasi yang efektif,” tutupnya.

Hadir Wakil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Kasubdit Direktorat Wilayah V Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah-Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sekretaris Jenderal Inspektorat Jenderal Kemendagri, Deputi Bidang SDM Kemendagri, Kepala OPD, para pejabat dan ASN di lingkungan Pemprov Kaltara. (dkisp)

Baca Juga

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights