LINGKUNGANSOSIAL

Bupati Nunukan Tinjau Langsung Lokasi Banjir dan Salurkan Bantuan

4
×

Bupati Nunukan Tinjau Langsung Lokasi Banjir dan Salurkan Bantuan

Share this article

DPNTimes.com, Nunukan – Tingginya curah hujan mengakibatkan terjadinya banjir di beberapa kecamatan di Kabupaten Nunukan dan merendam ratusan rumah warga. Bupati Nunukan Hj Asmin Lauara Hafid beserta BPBD Kabupaten Nunukan Arief Budiman dan Forkopimda, Camat setempat meninjau langsung titik lokasi banjir dan langsung salurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir, Minggu (24/09/23).

Rombongan juga meninjau rumah yang hampir semuanya terendam air akibat tingginya curah hujan beberapa waktu belakangan.

Baca Juga  Peringati Hari HAM Sedunia, Kanwil Kemenkumham Kaltim Serahkan Penghargaaan KKPHAM

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid menegaskan pada masa tanggap darurat ini, Pemkab Nunukan akan menyalurkan bantuan berupa bahan pokok dasar antara lain berupa beras, minyak goreng, mie instan dan lain-lain kepada masyarakat yang terdampak banjir.

“Kita berharap masyarakat tabah dan bersabar menghadapi bencana ini. Kita akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat terkait lainnya,” katanya.

Dalam rangka penanganan yang cepat, tepat, efektif, efisien, terpadu dan akuntabel agar warga korban terdampak bencana alam banjir dapat ditangani dengan baik dengan tetap memperhatikan pemenuhan kebutuhan dasar seluruh korban.

Tujuan khusus penyelematan dan evakuasi korban, penyelamatan dan evakuasi harta benda, pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan dan pengurusan pengungsi dan pemberian bantuan logistik kebutuhan dasar bagi korban terdampak.

Baca Juga  Gelar Rakerda, DPD Nasdem Nunukan Siap Akomodasi Aspirasi Masyarakat

Langkah dan upaya pemerintah dalam penanganan darurat bencana banjir antara lain Personil BPBD bersama dengan pemerintah kecamatan dan desa serta TNI dan Polri melakukan upaya penyelamatan dan evakuasi korban terdampak banjir, pendataan dan validasi data korban dan kerusakan fisik wilayah terdampak, membuka tenda pengungsi, mendirikan posko tanggap darurat, membuka dapur umum, pemenuhan kebutuhan dasar bagi korban ke wilayah terdampak, dan di lakukan rapat koordinasi lintas OPD terkait di kabupaten untuk penentuan status darurat bencana.(Prokompim)

Baca Juga
Baca Juga  Wabup H. Hanafiah Buka Musrenbang Kewilayahan Tahun 2024 Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights