NASIONALNEWS

WBP Lapas Kelas IIB Nunukan Panen 883 Kg Buah Kelapa Sawit

21
×

WBP Lapas Kelas IIB Nunukan Panen 883 Kg Buah Kelapa Sawit

Share this article
WBP Lapas Kelas IIB Nunukan Panen Buah Kelapa Sawit

DPNTimes.com, Nunukan – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Nunukan juga ternyata menjalankan program pembinaan di bidang perkebunan di samping pertanian dan program lainnya yang hingga saat ini masih terus digalakkan.

Jika sebagian warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Nunukan mengikuti program pembinaan di bidang kreasi batik tulis, pertanian sayur mayur dan keterampilan lainnya yang bisa dijadikan bekal bagi mereka ketika telah bergabung dengan lingkungan masyarakat, ada pula yang berkebun merawat dan memanen hasil perkebunan kelapa sawit seluas 4 hektar.

Baca Juga  Wakili Pemkab Nunukan, H Surai Jadi Pemateri Projek Pesona Budaya Daerah

Untuk memanen buah kelapa sawit ini, setidaknya dibutuhkan empat hingga lima WBP Lapas Nunukan dengan pengawasan minimal satu orang petugas.

Kepala Lapas Kelas IIB Nunukan, I Wayan Nurasta Wibawa menilai hal ini adalah bentuk pembinaan kemandirian kepada WBP agar kelak memiliki keterampilan kerja di bidang perkebunan sawit.

Program ini juga dinilai dapat menunjang sarana pembinaan kemandirian WBP Lapas Nunukan sehingga komitmen Lapas Industri juga dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan.

“Untuk menjalankan program ini, kami memanfaatkan lahan kosong di wilayah Lapas Nunukan. Salah satunya perkebunan sawit yang luasnya mencapai 4 hektar,” jelas Wayan, Rabu (04/10)

Disebutkan, kendati hasil pendapatan dari panen buah sawit fluktuatif setiap bulannya, setidaknya, penjualan buah sawit yang dipanen WBP Lapas Nunukan ini dapat menjadi routine income negara.

Baca Juga  Dinas PU HST Cek Pengerjaan Perbaikan Mutu Jalan TMMD ke-112

Karenanya, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas buah dengan menjaga kebersihan area perkebunan sawit dari gulma, serangga dan hama yang dapat menggangu produktifitas kelapa sawit serta melakukan pemupukan secara rutin.

“Dan hasilnya, bulan ini kita bisa memanen sebanyak 883 kg. Dari hasil penjualan nantinya akan disetorkan ke negara sebesar Rp500.000,- dan ke depannya kita target bisa sampai Rp1 juta,” ungkap Wayan.

Baca Juga
Baca Juga  Selundupkan 5 Kg Sabu dari Malaysia, 2 TKW Asal Sulsel Diamankan Polres Nunukan

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights