NASIONALSOSIAL

Pimpin Upacara HBN ke-75, Kalapas Nunukan Sampaikan Amanat Presiden RI

30
×

Pimpin Upacara HBN ke-75, Kalapas Nunukan Sampaikan Amanat Presiden RI

Share this article

DPNTimes.com, Nunukan – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Nunukan menggelar uparan Hari Bela Negara (HBN) ke-75, Selasa (10/12).

Digelar di halaman Kantor Lapas Nunukan, upacara HBN ke-75 mengusung tema “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”.

Selain itu, kegiatan yang sekaligus melihat kesiapan Lapas Nunukan menyambut Natal 2023 dan tahun baru 2024 ini dimaksudkan untuk mendorong semangat kebangsaan dalam bela negara untuk mempertahankan kehidupan berbangsa dan bernegara yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Lapas Kelas IIB Nunukan Puang Dirham juga menyampaikan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga  Tim Ladu Paska Lapas Kelas IIB Nunukan Cek dan Bukan Kotak Aduan

Disampaikan Jokowi melalui Kalapas Nunukan, Puang Dirham, bahwa tantangan ke depan semakin tidak terduga yang tidak saja dalam bentuk ancaman fisik tapi juga kasat mata.

“Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara,” sebut Puang menyampaikan amanat Jokowi.

Kita, lanjut dia menyampaikan, harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadi bangsa ini tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.

Lebih lanjut disampaikannya, bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.

Baca Juga  Jaga Kebersihan SAE Lanuka, Lapas Nunukan dan WBP Gelar Kerja Bhakti Bersama

Ditegaskannya, bela negara adalah tugas bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari- hari,” terang dia.

Menurut penyampaiannya, wujud konkrit bela negara dapat dilakukan dalam bentuk tindakan kecil atas dasar cinta kepada bangsa, pancasila dan NKRI.

Atas dasar inilah, Presiden RI, Joko Widodo dalam amanatnya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

Baca Juga
Baca Juga  17 WBP Lapas Kelas IIB Nunukan Jalani Litmas PK Bapas Tarakan

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights