DAERAH

74,34 Persen Masyarakat Puas atas Kinerja Pemkab Nunukan

60
×

74,34 Persen Masyarakat Puas atas Kinerja Pemkab Nunukan

Share this article
74,34 Percen Masyarakat Puas atas Kinerja Pemkab Nunukan

DPNTimes.com, Nunukan – Hasil survei kuantitatif Script Survei Indonesia (SSI) terhadap evaluasi kinerja Pemkab Nunukan di bawah kepemimpinan Bupati Hj Asmin Laura Hafid, 74, 34 persen masyarakat menyatakan merasa puas atau cukup puas.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Sekretariat Daerah Nunukan, Joned, mengungkapkan secara umum masyarakat puas terhadap kinerja pemerintah daerah.

“Kepuasan kinerja di bidang pendidikan mendapatkan apresiasi sangat puas atau cukup puas paling tinggi, disusul bidang kesehatan posisi kedua, lalu bidang keamanan dan tindakan kriminal, penegakan hukum,” kata Joned, saat dikonfirmasi, Jumat, (19/07/24).

Menurut Joned, apresiasi publik pada Pemkab Nunukan secara merata tersebar di seluruh lintas generasi dan kelompok sosial ekonomi. Khusus untuk Gen X dan Gen Y perlu perhatian dalam aspirasi dan evaluasi yang disampaikan atas kinerja Pemkab Nunukan.

“Evaluasi program unggulan, secara umum, publik mengapresiasi program yang diimplementasikan oleh Pemkab Nunukan. Adapun yang masih perlu menjadi perhatian adalah terkait Listrik dan Infrastruktur Jalan yang menghubungkan antar desa ke desa,” bebernya.

Baca Juga  Bersama Warga, Satgas TMMD Ke-112 Kodim 1002/HST Mulai Persiapkan Penutupan TMMD

Namun kata Joned, disamping karena letak geografis kabupaten Nunukan yang memang memiliki tantangan tersendiri juga dibutuhkan peningkatan intensitas sosialisasi dan edukasi program agar masyarakat merasa dilibatkan dan dapat berpartisipasi secara luas (bottom-up approach policy).

“Kita paham sendiri, kondisi geografis Kabupaten Nunukan seperti apa, ini memang butuh keberlanjutan dan perhatian seluruh elemen dan stakeholder,” ujarnya.

Dari hasil survei, maka kesimpulan dan rekomendasi yang muncul adalah masalah pengembang listrik, infrastruktur (jalan, pedestrian, air bersih), agraria (pertanian, perkebunan dan pengairan), pembangunan sarpras transportasi, pengendalian bencana banjir dan tanah longsor dan ketenagakerjaan, mendapat atensi publik paling tinggi sebagai persoalan mendesak yang harus segera diselesaikan.

Terpisah, Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid mengaku bersyukur dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Kinerja selama tiga tahun lebih dinilai positif oleh masyarakat. Hasil survei tersebut tentu akan jadi pijakan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik yang berkelanjutan.

Baca Juga  Hadiri FGD Lemhanas RI, Ketua DPRD Nunukan Sampaikan Amanah Masyarakat

“Alhamdulillah atas apresiasi masyarakat. Inshaallah kedepan Pemerintah daerah terus berkomitmen semakin membawa kabupaten Nunukan menjadi lebih maju lagi,” katanya.

74,34 Percen Masyarakat Puas atas Kinerja Pemkab Nunukan

Laura juga menegaskan, Pemkab Nunukan berkomitmen untuk menjawab prioritas perhatian pemerintah dari hasil survei yang dianggap kurang dan perlu diperhatikan.

“Seluruh indikator-indikator masalah yang kita anggaap kurang dan perlu mendapatkan perhatian akan menjadi prioritas perhatian pemerintah, Mohon dukungan doa dan semangat dari masyarakat Nunukan,” tegasnya.

Bupati Nunukan dua periode serta kepala daerah perempuan pertama di Kaltara ini, mengaku akan terus meningkatkan pembangunan demi Nunukan yang lebih majudan berikhtiar memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kami dan pemerintahan yang akan datang akan terus melakukan pembenahan dan berikhtiar untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Catatan dan harapan dari hasil survei yang diberikan menjadi masukan yang sangat berharga,” imbuhnya.

Sekedar informasi, lembaga survei SSI merupakan lembaga survei yang telah mendapatkan sertifikasi resmi dan terdaftar di KPU RI sebagai lembaga survei atau Jajak Pendapat dan Penghitungan Cepat hasil Pemilihan Umum tahun 2024, kemudian terdapat 81 lembaga survei yang telah bersertifikat resmi. (prokompimnnk/red)

Baca Juga  Peringati Hari Amal Bakti Ke-77 Tahun 2023, Bupati Nunukan Dukung Peningkatan Pelayanan Umat

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Verified by MonsterInsights