EKONOMI

Buka Pelayanan Selama Paras Fest HUT ke-24 Nunukan, Perizinan DPMPTSP Didominasi NIB

13
×

Buka Pelayanan Selama Paras Fest HUT ke-24 Nunukan, Perizinan DPMPTSP Didominasi NIB

Share this article

DPNTimes.com, Nunukan – Paras Fest 2023, rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-24 Kabupaten Nunukan akan berakhir malam ini Sabtu (21/10). Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) turut berkontribusi melalui layanan perizinan berusaha.

Dinas ini memberikan layanan untuk semua jenis perizinan berusaha. “Untuk usaha perorangan, kita berikan pelayanan Nomor Induk berusaha atau NIB dengan persyaratan KTP, NPWP dan Nomor HP,” ungkap Irsan Jusmanto.

Sedangkan untuk usaha yang berbadan hukum, pemohon  menambahkan syarat yaitu akte pendirian usaha dari notaris.

“Usaha berbadan hukum ya, tentu pemohon melampirkan akte notaris selain syarat yang disampaikan pada usaha perorangan,” tambahnya.

Baca Juga  DPRD Nunukan Setujui Perubahan Perda Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pemberdayaan Masyarakat Hukum Adat

Permohonan izin berusaha ini langsung dapat diproses karena telah menggunakan aplikasi OSS dan aplikasi Sempadan.

“Prosesnya cepat, mudah dan tidak berbiaya sehingga masyarakat antusias untuk mengajukan permohonan izin berusaha,” katanya.

Selama Paras Fest 2023 berlangsung, pelayanan perizinan dilakukan bukan hanya  pada siang hari tetapi juga  malam hari termasuk hari libur.

“Pelayanan perizinan dilakukan selama Paras Fest ini berlangsung, siang dan malam hari termasuk hari libur,” ujar Irsan Jusmanto.

Guna mendukung proses pelayanan, pihak DPMPTS menugaskan staf secara bergantian, dua sampai tiga orang pada siang dan malam hari.

Dari hasil rekap kunjungan terlihat pada buku tamu, pada hari Jumat (20/10), terdapat 70-an pengunjung.

“Ada lima puluhan NIB yang kami terbitkan,” ungkap Irsan Jusmanto diiyakan seorang operator OSS sambil memperlihatkan layar OSS yang selalu aktif.

Baca Juga  Batik Tulis Jadi Alternatif Usaha WBP Lapas Kelas IIB Nunukan Setelah Bebas

Paras fest tahun ini tidak hanya menampilkan berbagai makanan olahan UMKM dan pagelaran seni serta hiburan lainnya, namun layanan publik juga dihadirkan.

DPMPTSP Nunukan yang selama ini selalu meraih penghargsaan terbaik ditingkat Propinsi Kaltara, kali ini sukses menunjukkan kelasnya dengan memberikan pelayanan perizinan yang mudah dijangkau, transparan, akuntabel, informatif, hemat dan disambut pelayanan yang ramah.

“Selanjutnya, setelah Paras Fest ini pelayanan kembali tetap seperti semula di DPMPTSP di Kawasan Perkantoran Kantor Bupati Nunukan,” tutup Irsan.(*/adv)

Baca Juga
Baca Juga  Tutup Bimtek, Laura Inginkan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights