EDUKASINEWS

Ribuan Mahasiswa IP UMM Antusias Ikuti Kuliah Perdana

12
×

Ribuan Mahasiswa IP UMM Antusias Ikuti Kuliah Perdana

Share this article

DPNTimes.com, Malang – Program Studi Jurusan Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar kuliah perdana dengan tema ‘Arah Masa Depan Ilmu Pemerintahan: Merespon Tantangan, Meraih Peluang’ pada Rabu, (20/09).

Menariknya, prodi IP UMM menghadirkan para pembicara yang sangat luar biasa, yakni Wakil Bupati Pacitan Gagarin dan Prof. Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si selaku Guru Besar Prodi Ilmu Pemerintahan UMM.

Wabup Pacitan Gagarin menyampaikan bahwa dirinya sangat bangga menjadi seorang alumni Prodi Ilmu Pemerintahan UMM, karena pada saat generasinya dulu, mahasiswa Ilmu Pemerintahan memiliki karakteristik sebagai generasi yang ulet, suka berkolaborasi, sangat toleran, serta memiliki ambisius yang besar dan luar biasa.

“Karakteristik ini tentu berbeda pada tiap-tiap generasi seiring dengan perkembangan zaman,” ucap Gagarin.

Baca Juga  Bersama warga, Satgas TMMD ke-112 Segera Rampungkan Renovasi Mushola Noor Iman
Ribuan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMM Ikuti kuliah Perdana

Menurut Gagarin, selama negara Indonesia masih berdiri maka jurusan kuliah Ilmu Pemerintahan tetap akan terus berdiri dan dibutuhkan generasi bangsa ini.

“Walaupun ada perbedaan secara generasi dan zaman, namun ada kesamaan pada diri kita, yakni sama-sama mendalami Ilmu Pemerintahan. Selama negara ini masih berdiri, maka Ilmu Pemerintahan akan tetap menjadi ilmu fundamental,” ucap Gagarin dihadapan ribuan mahasiswa IP UMM.

Gagarin yang sejak lama juga turun ke dunia politik dan pemerintahan di daerah ini sudah malang melintang melayani masyarakat luas sehingga mampu memanajemen pemerintah dengan baik, namun Gagarin mengajak kepada mahasiswa agar jangan terlalu sibuk menjadi generasi merunduk pada gadget dan media sosial dunia maya.

“Sesibuk apapun itu, sempatkan diri untuk mengenali dunia riil, dunia sosial yang nyata. Memahami digitalisasi memang perlu, namun memahami dunia sosial di masyarakat juga tidak kalah pentinya, ini dalam rangka mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari di perguruan tinggi. Pesan saya, jangan hanya hidup di cemara gading, namun juga pahamilah kondisi masyarakat sekitar, sebab nantinya kita semua akan kembali dan berdinamika disana,” jelas Gagarin.

Baca Juga  KSOP Kelas IV Nunukan Gandeng BNN Tes Urine Buruh TKBM

Di tempat yang sama, Prof. Dr. Tri Sulistyaningsih menyampaikan bahwa, pada dasarnya ilmu pemerintahan merupakan ilmu yang multidisiplin, sebab mencakup berbagai disiplin ilmu yang lain, termasuk dalam bidang sosial, ekonomi, hukum dan lain sebagainya.

Gagarin, Wabup Pacitan yang turut menghadiri Kuliah Perdana IP UMM

“Mahasiswa Ilmu Pemerintahan setidaknya bisa menangkap berbagai peluang di masa depan dengan berbekal kompetensi dan pengetahuan, diantaranya dengan mengembangkan kemampuan berkomunikasi untuk membangun jejaring, meningkatkan kemampuan analisis dan berpikir kritis, serta kemampuan problem solving dan negosiasi,” kata Prof Tri yang merupakan mantan Kajur IP UMM.

Lebih Jauh Prof. Tri menjelaskan bahwa Indonesia saat ini dihadapkan pada banyak masalah mulai dari korupsi, kenaikan harga pokok, ekonomi, pengangguran dan masih banyak lagi.

“Karena itu diperlukan strategi Pembangunan yang tepat oleh orang-orang yang berkompeten dan berintegritas. Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMM bisa mengambil peran tersebut dimasa depan. Dan ambil peran untuk gerakan bangsa yang berkemajuan,” jelas Prof Tri.

Kegiatan ini dipandu secara langsung oleh Kepala Prodi Ilmu Pemerintahan UMM, yakni Bapak Muhammad Kamil, S.IP., M.A sebagai moderator. Dalam pelaksanaanya,

Baca Juga  Pentingnya Pemahaman Tentang Stunting, Posyandu dan Posbindu PTM

Kegiatan kuliah perdana diikuti oleh seluruh mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMM dari angkatan 2021, 2022 dan 2023. (dd/dk/red)

Baca Juga

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights