DAERAH

Di Depan Tim KKDN Polstra, Asisten II Uraikan Indikator Pertumbuhan Ekonomi Kaltara

5
×

Di Depan Tim KKDN Polstra, Asisten II Uraikan Indikator Pertumbuhan Ekonomi Kaltara

Share this article

DPNTimes, Tanjung Selor – Mewakili Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A Paliwang S.H, M.Hum, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr Bustan SE., M.Si menerima Kunjungan Kerja Dalam Negeri (KKDN) Kedeputian Politik dan Strategi (Polstra) Dewan Ketahanan Nasional di Ruang Rapat Lantai I, Kantor Gubernur Kaltara, Rabu (15/3/2023).

Asisten II Bustan, menyambut baik kedatangan tim KKDN yang diketuai oleh Irjen Pol. Drs. Heribertus Dahana. Adapun tema kunjungan tim ke Kaltara yakni “Percepatan Pembangunan di Perbatasan Kalimantan Utara dalam rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kalimantan Utara”.

“Provinsi Kaltara sangat strategis karena bukan hanya sebagai penyanggah IKN (Ibu Kota Negara), tapi kami menjadi daerah yang langsung berbatasan dengan negara tetangga, Malaysia. Sehingga, Gubernur Kaltara terus berupaya melakukan percepatan pembangunan di wilayah perbatasan provinsi ini,” ungkap Bustan.

Baca Juga  Jelang Ramadan dan Idul Fitri, Gubernur Ajak Fokus Kendalikan Inflasi

Dihadapan tim KKDN, Bustan juga menyampaikan kondisi umum terkait profil Kaltara yang berada di perbatasan yang memiliki sumber daya yang tidak merata, sehingga menyebabkan permasalahan-permasalahan sehingga menjadi bahan atensi bagi pemerintah kabupaten kota, provinsi dan pemerintah pusat.

Indikator pembangunan jika diliat dari makro ekonomi terus mengalami peningkatan, bahkan Kaltara saat ini berada diatas provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dan berada di atas nasional,” katanya.

Dirinya menjelaskan, Provinsi Kaltara berada di urutan ke-2 dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 5.34 persen dan berkontribusi sebesar 7,85 persen PORB pulau Kalimantan, ekonomi terus tumbuh.

Baca Juga  Anggota Satgas TMMD ke 112 Berikan Wawasan Kebangsaan kepada Anak-anak

Bustan mengungkapkan dalam terwujudnya Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera maka percepatan pembangunan di perbatasan sudah tercantum dalam visi dan misi Provinsi Kaltara. Yakni dalam misi ke 5, mewujudkan Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Pedesaan, Pedalaman, Perkotaan, Pesisir dan Perbatasan untuk Meningkatkan Mobilisasi dan Produktifitas Daerah dalam rangka Pemerataan Pembangunan. (dkisp)

Baca Juga
Baca Juga  Anggota DPRD Nunukan Anggarkan Desa Padaelo di Anggarkan Tahun Depan

Author

Bagikan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verified by MonsterInsights